Sunday, March 24, 2013

Mendampingi Kelahiran Bayi Orang Terbuang

Hari Sabtu 23 Maret 2013, Sahabat Insan kembali menyambut kelahiran seorang makhluk mungil di RS Sint Carolus, Jakarta Pusat.

Sang Ibu, seorang buruh migran asal Qatar yang sudah beberapa bulan ini tinggal di Rumah Singgah Sahabat Insan (sebut saja namanya Wasti), mulai merasakan gejala akan melahirkan sejak hari Jumat siang pukul 11.00 WIB. Oleh penjaga rumah singgah (Iis) dan seorang relawan (Ika), ia pun diantar ke RS Carolus. Di sana ia langsung dimasukkan ke Ruang Bersalin Immanuel untuk dipantau keadaannya. Karena sampai pukul 18.00 tidak ada perkembangan, akhirnya dokter kandungan memutuskan untuk melakukan induksi untuk memperlancar proses persalinannya.

Sementara itu, pada pukul 18.00 juga, salah satu staf Sahabat Insan tiba di RS Carolus dan memberikan kesempatan kepada Iis dan Ika yang telah menjaga Wasti sejak pukul 11.00 siang untuk pulang ke rumah mereka sejenak untuk beristirahat. Dalam perjalanan pulang, mereka berdua menyempatkan diri untuk membeli barang-barang yang diperlukan Wasti untuk bersalin, antara lain kain panjang, sarung, pembalut, dan baju hamil. Sementara perlengkapan untuk bayi (baju, selimut, topi, handuk kecil dan kaos kaki)  telah disumbang oleh salah satu penderma Sahabat Insan yang tinggal di Bali.


Pada pukul 22.30,  Iis dan Ika sampai kembali di Carolus dalam kondisi yang lebih segar dan siap untuk menjaga Wasti. Karena mereka telah datang, staf Sahabat Insan pun kemudian pulang ke rumah pada pukul 23.30.


Sementara itu, kondisi Wasti sendiri setelah dilakukan induksi langsung mengalami perkembangan yang cukup berarti. Semakin lama kontraksi yang dirasakannya semakin kuat dan akhirnya, pada Sabtu dini hari pukul 01.10 WIB, ia pun melahirkan seorang bayi laki-laki secara normal, dengan berat 2.796 kg dan panjang 47 cm.



Salah seorang relawan Sahabat Insan Bpk A. Bambang W dibantu oleh istrinya beberapa minggu sebelumnya telah berkoordinasi dengan teman-temannya untuk membantu Wasti dengan mengumpulkan perlengkapan bersalin, antara lain: gurita, daster, pakaian dalam, kain panjang dan sarung. Bantuan tersebut diserahkan kepada Sahabat Insan pada hari Sabtu siang 23 Maret 2013 dan pada hari itu juga langsung diserahkan kepada Wasti yang masih berada di RS Carolus. Terima kasih kepada para penderma yang telah rela memberikan perhatiannya untuk saudari kita yang sedang membutuhkan.

Karena kondisi Ibu dan anak pasca persalinan cukup bagus, Wasti dan juga bayinya diperbolehkan pulang pada hari itu juga oleh dokter yang merawatnya. Mereka pun meninggalkan RS Carolus pada pukul 15.00 WIB. Semoga sang ibu segera pulih dan semoga bayinya kelak menjadi manusia yang peduli terhadap sesamanya.