Thursday, July 15, 2010

Seluruh Program Bantuan Langsung Telah Selesai Dilaksanakan

Program Bantuan Langsung merupakan program pemberian bantuan kepada 3000 anak SD dan MIN di Kabupaten Aceh Jaya. Program ini diselenggarakan Sahabat Insan bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (LPM Pesisir) dan dibantu oleh pemerintah daerah setempat. Pemberian bantuan dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu bulan Februari, Maret, April dan Mei 2010. Bantuan yang diberikan berupa tas, seragam, sepatu, kaos kaki, jilbab dan alat-alat sekolah.

Saat ini, seluruh program pemberian bantuan langsung telah selesai dilaksanakan. Pemberian bantuan terakhir, yaitu tahap ke-4 dilakukan pada bulan Juni 2010. Untuk tahap ini, bantuan didistribusikan ke 18 sekolah, yang tersebar di kecamatan Sampoinet, Setia Bakti, Krueng Sabe, Teunom, Jaya dan Panga. Lokasi-lokasi tersebut berjarak antara 20 - 85 km dari kantor LPM Pesisir. Pada tahap ini, tim Sahabat Insan ikut mendampingi pemberian bantuan di beberapa SD dan MIN. Tampak raut muka anak-anak yang ceria saat menerima bantuan-bantuan tersebut.

Setelah program selesai, maka langkah selanjutnya adalah menyusun laporan pertanggungjawaban kepada donatur. Laporan pertanggungjawaban ini terdiri atas rekapitulasi bantuan yang telah diserahkan dari tahap 1 s/d 4, dana yang telah digunakan serta hasil yang telah dicapai. Dari laporan ini donatur akan menilai dan mengevaluasi apakah program telah dijalankan dengan baik atau tidak.