Tuesday, December 14, 2010

Pendidikan Konservasi Lingkungan di Sabang

Pada tanggal 26 s/d 28 November 2010, Sahabat Insan bekerjasama dengan CC Lhoknga mengadakan Program Pendidikan Konservasi Lingkungan dengan tema "Selamatkan dan Lestarikan Hutan untuk Kehidupan Yang Lebih Baik dari Nol Kilometer" di kota Sabang.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk keikutsertaan anak dalam melestarikan lingkungan. Secara rinci, tujuan kegiatan ini adalah:
  1. Memberikan pengetahuan dan informasi kepada generasi muda akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan,
  2. Membuka wawasan generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan sekitar,
  3. Meningkatkan peran serta generasi muda terhadap usaha pencegahan terjadinya bencana alam,
  4. Mengetahui sampai dimana kepedulian dan tindakan kita dalam menjaga kelestarian lingkungan,
  5. Menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan konservasi dan peduli lingkungan untuk persiapan terhadap pencegahan pemanasan global.
Kegiatan ini diikuti oleh 10 siswa SMP yang merupakan anak-anak bimbingan CC Lhoknga. Program diawali dengan penjelasan tentang lingkungan serta konsep dasar konservasi, yang diikuti dengan pemasangan pamflet di sekitar kawasan hutan Sabang. Pada hari berikutnya, dilakukan penanaman pohon, kampanye lingkungan serta pelatihan konsep dasar konservasi lapangan. Seluruh kegiatan ini dibimbing oleh instruktur konservasi Drh. Erdiansyah Rahmi, MSc dan Reza Senopati SKH.


Sekembalinya dari pelatihan ini, para siswa diharapkan mampu menjadi pelajar yang peduli terhadap lingkungan hidup dan ancaman pemanasan global, serta menularkan ilmu yang didapatkan kepada teman-teman lainnya.