Thursday, January 29, 2015

Damai Di Hati Damai Di Bumi


Tanggal 25 Desember 2014, di RPTC Bambu Apus diselenggarakan Misa Kudus untuk merayakan Natal bersama 50 orang TKI yang baru dipulangkan dari Malaysia beberapa hari sebelumnya. Misa dipimpin oleh Romo Hardi Jantan, Pr. Ikut dalam kegiatan tersebut beberapa suster dari JPM KAJ antara lain Sr. Lia, RGS, Sr. Laurentina, PI, Sr. Sensi dan Sr. Agus BKK.

Rasa haru dan syukur menyelimuti hati para pekerja migran ini sepanjang misa berlangsung. Bagaimana tidak, selama bertahun-tahun bekerja di negeri orang, tidak sekalipun mereka dapat merayakan Ekaristi, karena majikan melarang mereka pergi ke gereja. Perayaan Natal yang identik dengan perayaan keluarga juga membuat mereka mencucurkan air mata karena teringat akan handai taulan di kampung halaman yang sudah lama tidak berjumpa. Beberapa dari mereka bahkan membawa pulang anak mereka yang masih bayi yang dilahirkan di negeri jiran saat mereka masih bekerja di sana. Saat lagu Malam Kudus mengalun, mereka menumpahkan kerinduan mereka akan Sakramen Ekaristi dengan bersenandung dan mengucap syukur. Sebelum misa, mereka juga diberi kesempatan untuk menerima Sakramen Tobat.  


Setelah misa selesai, perayaan Natal ini dilanjutkan dengan makan bersama, sharing, dan atraksi spontan dari beberapa TKI. Perayaan ini memang berlangsung sangat sederhana, tetapi semoga kehadiran kita ditengah kesepian hati mereka di hari kelahiran Sang Juru Selamat ini mampu memberikan sedikit kebahagiaan dan melahirkan harapan baru akan masa depan yang lebih baik.