Tuesday, February 20, 2024

Yang saya dapatkan selama menjadi relawan Sahabat Insan

Ditulis oleh Stepania, relawan yang membantu pelayanan Sahabat Insan tanggal 15 Januari - 7 Februari 2024

***************************************

Selama saya magang di Sahabat Insan, perjalanan pengalaman saya melakukan pembuatan website telah menjadi sebuah perjalanan yang berharga. Awalnya, pengetahuan saya tentang pembuatan website sangat terbatas. Namun, melalui bimbingan dan pelatihan yang diberikan oleh rekan-rekan di Sahabat Insan, saya mampu mengembangkan keterampilan tersebut secara signifikan. Proses pembelajaran ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis saya dalam merancang dan membangun situs web, tetapi juga memperkaya pemahaman saya tentang dunia teknologi informasi.

Selain itu, pengalaman saya di Sahabat Insan tidak hanya berhenti pada aspek teknis. Saya juga terlibat dalam kegiatan yang lebih luas, termasuk mencari informasi tentang isu-isu sosial yang relevan. Salah satu fokus saya adalah mendalami berita tentang perdagangan manusia di Indonesia. Awalnya, saya memiliki pengetahuan yang minim tentang masalah ini. Namun, dengan peluang magang yang diberikan oleh Sahabat Insan, saya dapat meresapi kedalaman masalah perdagangan manusia di Indonesia.

Magang di Sahabat Insan membuka mata saya terhadap kompleksitas dan tingkat urgensi kasus perdagangan manusia di Indonesia. Saya belajar bagaimana dampak sosial, ekonomi, dan psikologis dari fenomena ini dapat merusak kehidupan banyak orang. Dengan bekal pengetahuan yang saya peroleh selama magang, saya kini memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang perdagangan manusia.

Pengalaman ini tidak hanya mengubah saya sebagai individu, tetapi juga meningkatkan kesadaran saya akan tanggung jawab sosial. Saya merasa terinspirasi untuk terus berkontribusi dalam membantu mengatasi permasalahan sosial di masyarakat. Dengan kombinasi keterampilan teknis dalam pembuatan website dan pemahaman mendalam tentang isu-isu sosial, saya yakin bahwa perjalanan saya di Sahabat Insan telah membentuk landasan masa depan yang lebih berarti.