Friday, September 25, 2015

Meninjau Calon Kantor Baru Sahabat Insan

Telah menjadi isu sejak lama, bahwa kantor Sahabat Insan yang sekarang ini ditempati akan dialihfungsikan menjadi bagian dari bangunan sekolah Kolese Kanisius. Untuk itu, Sahabat Insan harus mulai memikirkan persiapan untuk memindahkan sekretariatnya. Dan rencananya, Sahabat Insan akan menempati gedung milik Sanggar Prathivi, yang saat ini sedang mengalami proses renovasi tahap akhir.

Pada hari Rabu, tanggal 23 September 2015, Romo Ismartono bersama Bapak Alex Wijoyo (Direktur Eksekutif Komunitas Universal) berkesempatan untuk meninjau gedung tersebut. Di sana, beliau disambut oleh Romo RB. Rudianto, SJ dari PERHATI yang menjadi penanggung jawab pembangunan gedung tersebut sekaligus nanti pengelolaannya.


Romo Rudi kemudian menjelaskan bagian-bagian dari gedung tersebut. Gedung berlantai 8 tersebut saat ini sedang berada dalam tahap akhir pembuatannya. Tampak bentuk baru bangunan sudah jadi, dan saat ini para tukang sedang merapikan bangunan tersebut hingga akhirnya siap pakai.


Romo Rudi mengatakan, bahwa rencananya pada akhir Oktober nanti gedung ini akan selesai dibangun, kemudian dilanjutkan dengan proses merapikan dan memenyelesaikan semua ijin-ijin yang diperlukan, dan rencananya akan diresmikan pada bulan November-Desember. Romo Rudi berharap Bapak Uskup Agung Jakarta Mgr. Suharyo berkenan meresmikan gedung baru ini. Kemudian, pada bulan Januari 2016, gedung ini sudah siap untuk ditempati dan dioperasionalkan.

Romo Ismartono dan Pak Alex kemudian diajak untuk melihat lantai 7 dan 8 yang rencananya akan difungsikan sebagai ruang pertemuan. Lantai tersebut didesain 1,5 lantai sehingga jika satu lantai tidak cukup untuk menyelenggarakan suatu acara, maka lantai di atasnya bisa dibuka dan tetap menyatu dengan lantai bawahnya. Lantai ini juga dilengkapi dengan ruangan pendukung seperti tempat makan dan juga teras depan/balkon. Gedung ini memang akan difokuskan untuk digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan dan pengembangan diri bagi perusahaan atau lembaga-lembaga yang membutuhkannya.



Sahabat Insan sendiri rencananya nanti akan menempati kantor di lantai 2, bersama-sama dengan lembaga-lembaga milik Jesuit lainnya, antara lain Yayasan Sanggar Prathivi sendiri dan juga PERHATI. Maka saat ini Sahabat Insan sedang menyusun berapa luas ruangan yang diperlukan dan kebutuhan ruangan apa yang perlu ada. Nantinya daftar kebutuhan ini tinggal diserahkan kepada Romo Rudi dan para ahli interior-eksterior yang akan membuatkan beberapa usulan desainnya.  



Pada lantai paling atas ini, rencananya akan dibuat roof garden untuk menambah daya tarik gedung ini.

Pemandangan dari lantai paling atas.