Wednesday, August 26, 2020

Terjemahan Sub-topik 3 WDMR 2020: To Listen In Order To Be Reconciled

 Tahun ini Paus Fransiskus telah menetapkan tema untuk menyambut World Day of Migrants and Refugees 2020 (WDMR 2020):

"FORCED LIKE JESUS CHRIST TO FLEE"

dengan 6 sub topik:
1. To know in order to understand
2. To be close in order to serve
3. To listen in order to be reconciled
4. To share in order to grow
5. To involve in order to promote
6. To collaborate in order to build

Bagian Migran dan Pengungsi untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Seutuhnya (The Migrants and Refugees Section of the Dicastery for Promoting Integral Human Development) - Vatikan sudah mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk menjabarkan Pesan Paus Fransiskus tersebut dan membantu kita lebih memahami tema WDMR 2020 ini. Dokumen-dokumen ini dijabarkan berdasarkan masing-masing topik yang tertuang dalam Pesan Paus yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Sahabat Insan di sini.

Berikut dokumen-dokumen berkaitan dengan sub topik ketiga: TO LISTEN IN ORDER TO BE RECONCILED yang sudah diterjemahkan oleh Sahabat Insan



1. Video dengan subtittle dalam Bahasa Indonesia silakan diklik link berikut


2. Gospel

"Karena Allah begitu mengasihi dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan  Anak-Nya yang tunggal , supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam  dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan supaya dunia diselamatkan melalui Dia" (Yoh 3: 16-17)

3. Pesan Paus Fransiskus


Adalah memungkinkan untuk berdialog, mendengarkan, merencanakan bersama, dan dengan cara ini untuk mengatasi kecurigaan dan prasangka dan untuk membangun hidup berdampingan yang lebih aman, damai dan inklusif.


4. Doa


Semoga Sang Anak Kudus, Raja Damai, membungkam bentrokan senjata dan membiarkan fajar baru persaudaraan muncul di seluruh benua, memberkati upaya semua orang yang bekerja untuk mempromosikan jalan rekonsiliasi dalam kehidupan politik dan sosial
(Paus Fransiskus)

5. Kutipan buku Pastoral Orientation on Internally Displaced People (IDP)


Menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh pengungsi internal, Gereja Katolik dipanggil untuk memberikan pelayanan pastoral baik kepada IDP dan komunitas tuan rumah mereka dan bekerja untuk rekonsiliasi dan pembangunan berkelanjutan dalam negara-negara.

6. Good Practice - Penerapan Yang Baik


"Like flowers in the rubble" adalah proyek Caritas Italiana yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, aspirasi dan keinginan pengungsi muda Suriah, serta memfasilitasi jalan rekonsiliasi dan hidup berdampingan secara damai.