Monday, July 27, 2009

Pelatihan Yang Pernah Diikuti BRK


Para relawan ini berjumlah 18 orang mahasiswa dan sudah pernah mengikuti dua bentuk pelatihan. Berikut pelatihan yang pernah diikuti oleh BRK :

Pelatihan Pertama :


Sebagai langkah awal dari serangkaian kegiatan tersebut, telah dilaksanakan Pelatihan Dasar Penanganan Bencana, yang memperkenalkan konsep manajemen bencana dan pelatihan tim tanggap bencana kepada para mahasiswa.  Pelatihan Dasar Penanganan Bencana tersebut dilaksanakan di Wanawisata Mandalawangi Cibodas, pada hari Jumat – Minggu, tanggal 28 – 30 September 2007, dan dibimbing oleh tim pelatih dari Consina Outdoor Training (Disaster Management Training).  

Pelatihan yang berlangsung 3 hari 2 malam ini memadukan antara teknik dan praktek. Materi yang dipelajari meliputi praktek pendirian tenda darurat, pertolongan pertama pada korban, penyelamatan korban di tempat tinggi, penyelamatan korban di air, cara membaca alat-alat navigasi seperti kompas dan GPS, serta mempelajari beberapa pengetahuan tentang manajemen bencana, pengelolaan resiko (risk management), teknik survei kebutuhan korban, manajemen posko, dan pembentukan tim. Praktek dilapangan dilaksanakan pada pagi sampai siang hari, sedangkan pemberian materi dilaksanakan pada malam hari. Pada saat pelatihan, semua peserta dikondisikan seperti sedang berada pada lokasi bencana, sehingga semua aktivitas seperti makan, tidur, pemberian materi, pengarahan dan presentasi dilakukan di tenda-tenda yang telah mereka dirikan.

Pelatihan Kedua :

Sebagai kelanjutan dari pelatihan untuk tim Bela Rasa Kita ini, akan dilaksanakan pelatihan kedua yakni Pelatihan EFR (Emergency First Response). Pelatihan ini dimaksudkan agar anggota tim lebih mendalami dan menguasai teknik-teknik dasar dalam penyelamatan pertama seperti : scene assessment (melihat tempat kejadian dan kondisi korban), rescue breathing, Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR), penanganan pendarahan dan penanganan tersedak.

Selain pelatihan EFR, sebagai kelanjutannya, akan dilaksanakan pula Training For Trainers (TFT). Pelatihan ini sifatnya bersertifikasi internasional sehingga penting sebagai kredibilitas tim. Pelatihan ini dimaksudkan agar anggota tim dipersiapkan menjadi tim pelatih (trainers). Sehingga diharapkan setiap anggota tim siap untuk melakukan sebuah pelatihan.

Seiring dengan kebutuhan dan tantangan yang ada, kelompok relawan BRK ini memekarkan secara organisasi dengan rekrutmen mencari teman sehingga sekarang berjumlah 32 orang mahasiswa.

Pelatihan TAGANA Depsos

Pada tanggal 14-16 Juli 2009 beberapa perwakilan BRK ikut dalam pelatihan bersama yang disekenggarakan oleh TAGANA-DEPSOS (Taruna Siaga Bencana-Departemen Sosial) di Bumi Perkemahan Cibubur. Pelatihan bersama yang diikuti 70 peserta diikuti dari kelompok organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta (PMKAJ).

Seluruh peserta mendapat meteri tentang Kebijakan Departemen Sosial RI dalam Penanggulangan Bencana, Manajemen Penanggulangan Bencana, Siklus Penanggulangan Bencana, Conceptual Skill, Managerial Skill, Technical Skill dan Social Skill TAGANA serta simulasi penanggulangan bencana. Setiap peserta sangat antusias mengikut kegiatan ini yang terlihat dari semangat keaktifan dan kekompakannya dalam setiap rangkaian kegiatan. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk perluasan jaringan yang dilakukan oleh BRK serta penambahan Kapasistas personal yang dimiliki oleh anggota BRK dalam nantinya menghadapi bencana atau turun ke lapangan.