Wednesday, March 13, 2019

Terjemahan Pastoral Orientations On Human Trafficking

Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah
supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk,
supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk,
supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar 
dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan
apabila engkau melihat orang telanjang,
supaya engkau memberi dia pakaian 
dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!,
(Yesaya 58:6-7)

Ayat di atas tertulis di sampul buku "Pastoral Orientations On Human Trafficking" yang dikeluarkan oleh Migrants and Refugees Section, Integral Human Development - Palazzo San Calisto - 00120 Vatican City. Dalam pengantarnya, Fabio Baggio dan Michael Czerny, SJ sebagai penyusun buku ini menulis bahwa Paus Fransiskus sangat menganggap penting penderitaan jutaan laki-laki, perempuan dan anak-anak yang diperdagangkan dan diperbudak. Mereka adalah  orang-orang  yang sangat dilecehkan  karena dianggap  bukan sebagai manusia dan dibuang  di dalam dunia modern ini  dan di  seluruh dunia. Perdagangan manusia, katanya, adalah “bencana yang mengerikan ,"[ sebuah "wabah yang luar biasa" dan "luka menganga  di tubuh masyarakat jaman ini.”

Pada awal tahun 2015, Paus Fransiskus  menyampaikan Pesan Tahunan Pada Hari Perdamaian Dunia dengan isi utama mengenai  perdagangan manusia. “Kita sedang menghadapi gejala global yang melebihi kompetensi dari satu komunitas atau negara, "dan karena itu," kita membutuhkan mobilisasi dalam ukuran yang sebanding dengan gejala itu sendiri."

Pada bulan September 2015, Bapa Suci menyatakan kepada PBB bahwa kejahatan seperti perdagangan manusia, jual beli organ dan jaringan manusia, eksploitasi seksual anak laki-laki dan perempuan, kerja paksa, termasuk pelacuran ” tidak cukup ditanggapi dengan  "komitmen hura-hura" saja. “Kita perlu memastikan bahwa lembaga kita - dan memang semua upaya kita  - benar-benar efektif dalam perjuangan melawan semua bencana ini."

Demikianlah  tujuan dari Orientasi Pastoral Tentang Perdagangan Manusia ini, yaitu memberikan sebuah bacaan tentang Perdagangan Manusia dan  pemahaman yang memberi  motivasi dan melanjutkan perjuangan jangka panjang yang sangat dibutuhkan .

Bagian Migran & Pengungsi (M&R, untuk selanjutnya di dalam terjemahan ini kita singkat menjadi BMP, Bagian Migran dan Pengungsi) mulai berfungsi pada 1 Januari 2017. Ini didirikan oleh Paus Fransiskus  dan saat ini secara langsung berada di bawah bimbingan beliau. Tugas BMP  adalah  menangani Perdagangan Manusia, permasalahan para migran dan pengungsi. Sementara misinya adalah untuk membantu para Uskup Gereja Katolik dan semua yang melayani kelompok rentan ini.

Untuk menangani perdagangan dan perbudakan manusia, selama tahun 2018, BMP mengadakan dua konsultasi dengan para pemimpin Gereja, cendekiawan dan praktisi yang berpengalaman serta dengan  organisasi mitra yang bekerja di lapangan. Para peserta bertukar pengalaman dan sudut pandang gejala tersebut dari segala  segi  yang relevan. Tanggapan Gereja sepenuhnya dipertimbangkan, baik dari segi  kekuatan, kelemahan, pastoral dan peluang-peluang  politik maupun  peningkatan koordinasi di seluruh dunia.

Proses selama enam bulan itu  menghasilkan Orientasi Pastoral  Tentang Perdagangan Manusia yang disetujui oleh Bapa Suci dan dimaksudkan untuk mengarahkan pekerjaan BMP dan mitra-mitranya. Orientasi  ini  digunakan oleh keuskupan, paroki dan komunitas hidup bakti, umat Katolik, sekolah dan universitas, oleh organisasi baik yang Katolik maupun yang lainnya   di dalam masyarakat sipil dan oleh kelompok mana pun yang mau menanggapinya. Selain agar diwujudkan di dalam program lokal maupun kerjasama jarak jauh,  Orientasi ini juga menawarkan pokok-pokok yang  penting untuk homili, pendidikan dan media.

BMP mengundang semua orang untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, dalam komunikasi dan usaha  mencegah serta menyembuhkan perdagangan manusia, yang diperkaya  dengan refleksi, doa dan ajaran Paus Fransiskus.

Teks asli Pastoral Orientations On Human Trafficking juga dapat diunduh di https://drive.google.com/file/d/1iCwldMIzzRl3eRIG4236wEoxVhcu0Hpr/view?usp=sharing

Sedangkan terjemahan Bahasa Indonesia bisa didapatkan di https://drive.google.com/file/d/1CZG9NfHj6SjD7MUIgMolrNZSbfHGMkV3/view?usp=sharing