Wednesday, March 4, 2009

PENGADAAN MOBILE CLINIC

Pada saat gawat darurat terjadi, tidak sedikit penderma meminjamkan kendaraannya untuk membantu korban. Tetapi tidak lama kemudian  kendaraan itu harus di-kembalikan. Untuk memenuhi kebutuhan mengangkut kebutuhan pokok, memang cara seperti itu cukup membantu, tetapi tidak demikian untuk kebutuhan orang-orang sakit yang masa pemulihannya lebih panjang dan kadang-kadang kebutuh-annya mendesak. Untuk itu didiskusikanlah adanya sebuah ambulance untuk menunjang mobile clinic.

Bersama Ciliwung Merdeka, PKR-KWI menyusun program pengadaan ambulance, yang berfungsi sebagai penunjang mobile clinic, agar dapat melayani masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan di berbagai daerah yang tidak terjangkau dan mendadak.

Ambulance ini mulai dioperasikan sebagai sebagai penunjang mobile clinic mulai bulan Maret 2007. Dalam pelaksanaannya, secara rutin (1-2 kali sebulan) mobile klinik ini beroperasi di daerah Kampung Nagrak (Cilincing), Kolong Tol Kalijodo (Penjaringan), Kampung Pulo (Bukit Duri), Kolong Tol Teluk Gong (Penjaringan), Kolong Jembatan Kampung Melayu, TPA Gunung Balong, dan Bukit Duri RT 06 – 08. Pada setiap kunjungan, pasien yang dilayani berjumlah sekitar 70 orang, yang dilayani oleh 4-5 orang dokter umum. Selain secara rutin mengunjungi lokasi-lokasi di atas, mobil ini juga difungsikan untuk membantu kegiatan usaha untuk mensejahterakan anak-anak pinggiran di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

    

Dana untuk membeli ambulance ini sebesar Rp. 122.500.000,00. Sedangkan untuk biaya operasional diserahkan kepada Ciliwung Merdeka sebagai pelaksana.