Wednesday, March 4, 2009

TAMAN PUSTAKA SEFA

Kebutuhan dalam masa rekonstruksi memang banyak dan besar. Kami memilih untuk ambil bagian dalam pendidikan anak. Sebuah sarana yang dikembangkan adalah Taman Pustaka. Pustaka merupakan fasilitas untuk mendapat informasi yang penting, apalagi sebelumnya, Aceh pernah dii-solir oleh konflik bersenjata. Melalui pustaka, masyarakat atau lebih khu-sus anak-anak dan remaja dapat memperoleh wawasan dan pemahaman yang lebih tentang berbagai hal. Program ini juga selaras dengan program peningkatan kualitas kebudayaan Aceh melalui aktivitas membaca dan menulis yang dilaksanakan oleh Departemen Sosial, Agama dan Kebuda-yaan BRR Aceh. Untuk itu, dalam program ini, selain akan menyediakan bacaan-bacaan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya pemikiran anak, juga akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang anak-anak Aceh untuk gemar membaca.

 

Tujuan dibangunnya Taman Pustaka SEFA ini adalah untuk membangun suatu pusat aktifitas anak dan remaja untuk berkreativitas dan mengem-bangkan wawasan serta mendapatkan  informasi. Oleh sebab itu, penerima manfaat dari program ini adalah anak-anak Aceh yang sedang menjalani pendidikan dasar (SD dan SMP). Pustaka SEFA ini dirancang untuk dapat menyediakan  500 buku  dan mampu menampung 100 anak, sehingga di-harapkan dapat meningkatkan wawasan anak-anak dan membuka pan-dangan mereka akan dunia luar.

 

Pelaksanaan program ini sendiri akan dilangsungkan dalam jangka waktu satu tahun, yaitu mulai bulan November 2007 – November 2008. Namun persiapannya sendiri sudah dimulai sejak awal Juni lalu dengan melaku-kan perencanaan kegiatan, pemilihan buku yang akan ditampilkan, pena-taan desain interior dan sebagainya.

 

Sampai saat ini, tahap perencanaan telah selesai dilakukan, dan direncana-kan pada awal November 2007 nanti kegiatan Taman Pustaka ini sudah dapat berjalan. Ada pun tahap-tahap kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan program pustaka ini adalah:

-       Assesment dan penyiapan kerja

-       Membuat desain interior pustaka (workshop, desain interior pustaka, pe-ngadaan buku-buku referensi)

-       Peningkatan kapasitas pustakawan untuk mengelola pustaka (training kepustakaan dan metode pendidikan anak, studi banding)

-       Pengelolaan pustaka (reading activity dan kreativitas, diskusi bedah buku) 

 

Strategi implementasi untuk taman pustaka ini adalah: keterlibatan dan partisipasi anak dan remaja, mengembangkan networking antar pustaka dan sinergisasi program, mengembangkan variasi kegiatan pustaka untuk merangsang kreativitas dan minat pada anak-anak, serta melibatkan peran volunteer yang ada pada SEFA. Bagi yang tidak terjangkau, usaha yang selama ini dikembangkan dengan pustaka keliling tetap akau dilakukan.

 

Untuk mendukung semua rencana di atas, maka PKR KWI telah menye-rahkan  dana sebesar Rp.66.500.000,00 yang akan dipergunakan untuk menjalankan program tersebut selama setahun. Biaya yang diperlukan me-liputi gaji staf perpustakaan, biaya dekorasi bangunan, penambahan buku bacaan, serta biaya untuk menjalankan kegiatan-kegiatan yang telah diren-canakan. Biaya ini tidak termasuk biaya pengadaan rumah perpustakaan yang merupakan sumbangan dari tahun sebelumnya.

 

Saat ini, perhatian masih ditujukan pada pelaksanaan  tahap awal Program Pustaka SEFA ini. Diharapkan dengan dukungan berbagai  pihak, program ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan dapat memberikan sumbangan untuk mencerdaskan anak-anak Aceh.