Wednesday, March 4, 2009

PROGRAM ORANG TUA ASUH

Program orang tua asuh untuk anak SD dan SMP ini dilaksanakan karena bantuan dari donatur-donatur pribadi yang berkunjung ke kantor SEFA di Aceh dan melihat kondisi anak-anak di sana setelah terjadi bencana tsunami.

Yang pertama adalah pemberian beasiswa untuk 60 anak korban tsunami. Program ini merupakan pemberian beasiswa kepada anak-anak -terutama SD- yang menjadi korban tsunami. Program ini berawal dari kedatangan dua orang dari Caritas Macau ke Banda Aceh pada minggu pertama setelah terjadinya tsunami. Kunjungan itu diulangi lagi dengan tinggal di kantor SEFA selama dua minggu. Selama di kantor SEFA mereka diantar ke lapangan, melihat anak-anak yang didampingi dan mendengarkan anak-anak tersebut bercerita. Salah satu keluhan anak-anak tersebut adalah tidak adanya dana untuk melan-jutkan sekolah mereka. Oleh sebab itu, kedua orang Macau tersebut menyata-kan untuk mengadakan program orang tua asuh bagi anak-anak tersebut.

Program ini memberikan dana bantuan pendidikan Rp. 100.000,00 per bulan untuk masing-masing anak selama 2 (dua) tahun. Pada tahap pertama, bea-siswa diberikan kepada 30 anak, dimulai bulan Juni 2005. Kemudian menyu-sul 30 anak berikutnya bulan September 2005.

Selain itu, ada juga donatur independen yang membiayai pendidikan 18 anak selama setahun. Program ini dimulai pada bulan Januari 2006. Setiap bulan dana yang diberikan kepada 18 anak tersebut adalah Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Saat ini, program beasiswa anak ini sudah selesai (tepatnya pada bulan Juni 2007) dengan total dana yang didistribusikan sebesar Rp. 165.600.000. Sedangkan dana yang dikeluarkan selama tahun 2007 sendiri adalah sebesar Rp. 36.000.000,-