Wednesday, March 16, 2011

Pelatihan Komputer LPM Pesisir

Salah satu program Sahabat Insan pada tahun 2011 ini adalah mengadakan pelatihan komputer bagi para guru dan siswa di Aceh Jaya, bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (LPM Pesisir) yang berpusat di Patek, Aceh Jaya.

Pelatihan yang rencananya akan diadakan selama bulan Februari s/d Desember 2011 ini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan siswa di Aceh Jaya dalam mengoperasikan komputer. Saat ini, sekolah-sekolah di sana sudah mulai menggunakan komputer untuk mengelola administrasinya. Akan tetapi, banyak guru yang belum mahir mengoperasikan komputer. Minimnya pelatihan komputer di daerah tersebut juga menyebabkan siswa setingkat SMU di kabupaten Aceh Jaya tidak mengenal komputer dengan baik. Hal ini dikhawatirkan akan memberikan efek kurang baik kepada mereka saat memasuki jenjang kuliah nanti.

Persiapan pelatihan yang telah dilakukan sejak awal Februari dimulai dari persiapan tempat pelatihan, penyusunan modul, perbaikan kabel-kabel (instalasi) listrik, dan pembelian unit komputer yang akan digunakan. Pelatihan yang diadakan di kantor LPM Pesisir, Patek ini menggunakan 3 unit komputer bantuan dari Sahabat Insan, dan setiap sesi dibimbing secara bergantian oleh Nonong Mailufar dan Ilham yang merupakan pengurus LPM Pesisir.

Pada bulan Februari 2011, telah diadakan 3 kali sesi pelatihan pada tanggal 17 s/d 18 Februari 2011 dan diikuti oleh beberapa siswa SMK Sampoiniet, beberapa guru SD Patek, Guru SMP 4 Sampoiniet, dan Aparatur Desa. Dalam pelatihan pertama ini diberikan materi pengenalan program Microsoft Word (MW) 2007, yang terdiri atas sub materi: Menjalankan MW 2007, Pengenalan Interface / Tampilan MW 2007, Mengaktifkan Menu-menu pada MW 2007, Membuat Dokumen Baru, Menyimpan Dokumen Kerja, dan menutup Dokumen Kerja. 

Pelatihan selanjutnya akan diadakan pada tanggal 2 s/d 3 Maret dan 9 s/d 10 Maret 2011 di tempat yang sama.