Wednesday, August 26, 2020

Terjemahan Sub Topik 1 WDMR 2020: To Know In Order To Understand

 Tahun ini Paus Fransiskus telah menetapkan tema untuk menyambut World Day of Migrants and Refugees 2020 (WDMR 2020):

"FORCED LIKE JESUS CHRIST TO FLEE"

dengan 6 sub topik:
1. To know in order to understand
2. To be close in order to serve
3. To listen in order to be reconciled
4. To share in order to grow
5. To involve in order to promote
6. To collaborate in order to build

Bagian Migran dan Pengungsi untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Seutuhnya (The Migrants and Refugees Section of the Dicastery for Promoting Integral Human Development) - Vatikan sudah mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk menjabarkan Pesan Paus Fransiskus tersebut dan membantu kita lebih memahami tema WDMR 2020 ini. Dokumen-dokumen ini dijabarkan berdasarkan masing-masing topik yang tertuang dalam Pesan Paus yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Sahabat Insan di sini.

Berikut dokumen-dokumen berkaitan dengan sub topik pertama: TO KNOW IN ORDER TO UNDERSTAND yang sudah diterjemahkan oleh Sahabat Insan



1. Video dengan subtittle dalam Bahasa Indonesia dapat dilihat di:


2. Gospel


"Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran,  datanglah  Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan  mereka. Tetapi  ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak mengenal Dia" (Luk 24: 15- 16)
 
3. Pesan Paus Fransiskus


Perhatian khusus harus diberikan kepada mereka yang mengungsi karena konflik, bencana alam dan penganiayaan. Mereka semua berharap bahwa kita akan memiliki keberanian untuk meruntuhkan tembok "keterlibatan yang nyaman dan diam" yang memperburuk ketidakberdayaan mereka; mereka menunggu kita untuk menunjukkan perhatian, kasih sayang, dan pengabdian.

4. Doa


Tuhan Yang Maha Pengasih dan Bapa kami semua, bangunkan kami dari ketidakpedulian, buka mata kami untuk penderitaan mereka, dan bebaskan kami dari ketidakpekaan yang lahir dari kenyamanan duniawi dan egois. Inspirasikanlah kami, sebagai bangsa, komunitas dan individu, untuk melihat bahwa mereka yang datang ke tempat kami adalah saudara dan saudari kami.

5. Kutipan buku Pastoral Orientation on Internally Displaced People (IDP)


"Mempromosikan budaya perjumpaan dalam komunitas tuan rumah, menciptakan kesempatan untuk kontak pribadi dengan IDP, membangun kelompok sukarelawan dan juga dana khusus untuk membantu semua orang dalam situasi yang rentan, dan memberikan pelayanan dan pelayanan pastoral baik kepada IDPs maupun komunitas tuan rumah" - Orientasi Pastoral untuk Pengungsi Dalam Negeri

6. Good Practice - Penerapan Yang Baik


Proyek “Pembentukan pusat-pusat dukungan keluarga sebagai model integrasi pengungsi internal dan komunitas tuan rumah di Ukaina” memiliki tujuan penting untuk menyatukan dan mengintegrasikan masyarakat Ukraina. Tujuan utama dari pusat-pusat tersebut adalah untuk meningkatkan integrasi sosial antara pengungsi dan warga setempat dengan menciptakan pemahaman yang sama di antara mereka.