Monday, December 23, 2019

Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Di Bolapapu, Sigi Sulawesi Tengah

Menjelang akhir tahun saat musim hujan tiba, bencana banjir seperti tidak bisa dielakkan lagi di beberapa tempat di Indonesia. Seperti yang terjadi di Dusun 3, Pangana Desa Bolalapu, Sigi, Sulawesi Tengah yang diterjang banjir lumpur yang disertai kayu dan batu dari pegunungan pada hari Kamis, tanggal 12 Desember 2019 sekitar pukul 17.30 WITA . Banjir ini telah merengut dua korban jiwa, yaitu seorang bapak dan putranya, serta mengakibatkan kerusakan di beberapa rumah warga.



Pada hari Sabtu, tanggal 14 Desember 2019, tim JPIC FDNSC yang sedang menjalankan program pemulihan korban bencana Tsunami Palu sejak setahun yang lalu, mengantarkan bantuan kemanusiaan untuk bencana untuk beberapa RT di Dusun 3 tersebut, tepatnya di RT 1 dan RT 2. Jumlah warga dari kedua RT tersebut adalah 390 jiwa, yang terdiri dari 130 KK. Bantuan yang diserahkan yaitu 200 lembar selimut, 150 lembar tikar/karpet, 300 kg beras dan 15 dus air mineral. Bantuan tersebut diserahkan di Posko Desa Bolalapu dan Posko BAZNAS (Badan Amal Zakat Nasional) yang hadir untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana.





Bantuan tersebut diantarkan secara langsung dari Posko di Palu ke lokasi bencana yang ditempuh dalam waktu 3 jam, dengan kondisi jalanan yang tidak mudah: ada yang berbatu, penuh lumpur, serta melewati tebing dan lereng pegunungan yang rawan longsor.




Pada hari Selasa, tanggal 17 Desember 2019, tim JPIC FDNSC kembali menuju ke lokasi bencana banjir bandang untuk menyerahkan bantuan tahap kedua berupa 132 paket peralatan kebersihan yang masing-masing berisi 2 sabun mandi, 3 sikat gigi, pasta gigi, shampoo dan rinso yang diserahkan di Posko Desa Bolapapu, sedangkan abntuan alat tulis berupa 25 pak buku tulis dan 10 lusin pulpen diserahkan ke Posko BAZNAS. Semoga semua bantuan yang telah diberikan bisa meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah.