Wednesday, March 4, 2009

Radio Komunitas SORSENGON : “USAHA PENYELAMATAN DINI TERHADAP BAHAYA LAHAR DINGIN”

Pada hari Minggu, tanggal 24 Agustus 2008 telah diresmikan sebuah radio komunitas FM di desa Umbulharjo kecamatan Cakringan, Sleman DIY yang bernama Sorsengon FM 107,8. Radio ini disebut ‘Sorsengon' karena terletak di bawah pohon sengon (pohon lamtoro) dan berdiri atas kerjasama masyarakat setempat, Universitas Sanata Dharma (USD) Jogjakarta dan PKR - KWI (Pelayanan Krisis dan Rekonsiliasi KWI).

 

Pembangunan Radio Komunitas (Rakom) ini dimulai setelah DPPM - Sadhar mengajukan proposal kepada PKR KWI, dan PKR KWI menyetujui rencana tersebut.  Target penerima manfaatnya adalah 75 orang kader yang akan melanjutkan program pelatihan ini kepada para warga disekitar tempat tinggalnya sebanyak 375 orang, dan para penerima yang tidak langsung atau indirect beneficiaries sebanyak 3000 – 4000 warga di Cangkringan.

 

 

Bangunan Pos Radio Komunitas terdiri atas bangunan yang akan digunakan untuk tempat ruang siaran dan ruang pertemuan. Bangunan tersebut didirikan di atas tanah milik Kas Desa. Selama ini tanah tersebut disewa oleh Bpk. Bambang Sugeng yaitu seorang tokoh masyarakat penggagas radio komunitas untuk jangka waktu 6 tahun. Dalam rencana selanjutnya, status tanah akan dibicarakan dengan aparat pemerintahan Desa atau Kelurahan untuk mendapatkan status hukum yang jelas.

 

Pengelolaan Rakom ini diadakan bekerja sama dengan Stasiun Radio Mazda Universitas Sanata Dharma. Sedangkan untuk penyusunan program dilaksanakan oleh tenaga pengelola rakom bekerja sama dengan DPPM - Sadhar. Program yang direncanakan antara lain: Perkembangan Informasi tentang Merapi, Tanggap Bencana,  Pengembangan Pertanian,   Pendampingan Pendidikan Anak, dan  Kebudayaan dan Sosial.