Monday, March 21, 2022

Kampanye Bersama Dalam Rangka Hari Internet Aman Sedunia

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) yang diperingati setiap tanggal 8 Februari, lembaga ECPAT Indonesia bersama dengan kurang lebih 100 lembaga sosial lainnya di seluruh Indonesia, mengadakan kampanye bersama untuk mencegah kekerasan dan eksploitasi seksual anak di dunia online. ECPAT Indonesia sendiri adalah lembaga nirlaba yang berjuang untuk menghapuskan prostitusi, pornografi dan perdagangan anak untuk tujuan seksual di Indonesia. 



Tujuan diadakannya kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat, khususnya anak dan orang muda untuk memahami tentang bentuk kekerasan dan eksploitasi seksual di dunia online, dan bagaimana cara melaporkan kasus tersebut. 

Hasil yang ingin dicapai dalam program kampanye bersama ini adalah:

  1. Meningkatnya kesadaran anak dan orang muda terkait penggunaan internet yang baik dalam rangka Hari Internet Aman Sedunia.
  2. Adanya kerja sama antar kementerian/lembaga, organisasi masyarakat sipil, dan forum anak yang bergerak dalam perlindungan anak dan literasi digital untuk berpartisipasi dalam kampanye bersama di sosial media dengan mendesiminasikan konten video bentuk kekerasan dan eksploitasi seksual anak di dunia online dan bagaimana melaporkan kasus tersebut. 
Dalam kampanye bersama ini, ECPAT akan membagikan 3 buah video kampanye yang berkaitan dengan tema di atas. Video-video tersebut merupakan pemenang dari Program Instagram Reels Competition yang diadakan oleh ECPAT bulan Februari yang lalu. Dalam video tersebut, ECPAT juga akan memasukkan logo lembaga-lembaga yang ikut berpartisipasi. Kurang lebih 100 lembaga yang memiliki kepedulian yang sama akan perlunya internet aman ikut bergabung dalam kampanye ini, termasuk Sahabat Insan.  

Sahabat Insan sendiri telah membagikan ketiga video tersebut di Instagram, Youtube, website dan blogspotnya. 





Seluruh peserta yang mengikuti kampanye bersama kemudian dihubungi oleh tim ECPAT Indonesia untuk memberikan screenshot analytics engagement konten video kampanye di media sosial masing-masing lembaga/organisasi peserta untuk mengetahui efektivitas kampanye ini. 

Dalam kampanye ini, ECPAT tidak menyelenggarakan sendiri, tetapi bekerja sama dengan Asah Digital, Siberkreasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.