Tuesday, May 7, 2024

Penerimaan Penghargaan Kemenlu RI - HWPA 2023 kepada Sr Laurentina, SDP

Pada tanggal 26 April 2024, Sr. Laurentina, SDP menerima penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Awards (HWPA) 2023, yang diselenggarakan di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. 




Acara ini disiarkan secara live streaming di kanal youtube resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia: MoFA Indonesia.



Dikutip dari website resmi Kemenlu, HWPA merupakan penghargaan yang diberikan kepada warga negara yang berperan aktif memberikan perlindungan kepada masalah yang dialami oleh WNI di luar negeri. Tujuan diberikannya penghargaan ini adalah:
  1. Mendorong keterlibatan aktif berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk memberikan dukungan dan berperan aktif dalam upaya perlindungan WNI dan BHI di luar negeri. 
  2. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya isu perlindungan WNI dan BHI di luar negeri.
  3. Meningkatkan motivasi dan dukungan kepada semua unsur yang terlibat dalam usaha-usaha perlindungan WNI dan BHI di luar negeri. 
  4. Memupuk dan memperluas sense of belonging isu perlindungan WNI di luar negeri di kalangan pemnangku kepentingan dan pihak-pihak lain yang selama ini belum menjadi bagian dari komunitas perlindungan WNI di luar negeri. 

Masih dikutip dari web Kemenlu, HWPA ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan diadakan setiap tahun sampai tahun 2022. Selama rentang waktu tersebut, telah diberikan 155 penghargaan yang terdiri dari 82 individu dan 56 entitas/organisasi. Jumlah penerima HWPA tiap tahunnya: 13 penerima pada tahun 2013, 17 penerima pada tahun 2016, 18 penerima pada tahun 2017, 19 penerima pada tahun 2018, 17 penerima pada tahun 2019, 23 penerima pada tahun 2020, 26 penerima pada tahun 2021 dan 22 penerima pada tahun 2022. 

 

Suster Laurentina, SDP sendiri menerima penghargaan dalam kategori Masyarakat Madani bersama dengan Bapak Wahyu Susilo (Direktur Eksekutif Migrant Care), Bapak Idris (Pendiri yayasan Bimasakti di Sukabumi), Arsinah Sumitro (pendiri Yayasan Anak Bangsa, Entikong, Kalimantan Barat), dan Perkumpulan Mitra Wasana, LSM di Yogyakarta. 


Selain kategori tersebut, penghargaan HWPA juga diberikan dalam kategori Staff Perwakilan RI (4 orang), kategori Jurnalis atau Media (2 orang), kategori Pelayanan Publik di Perwakilan RI (1 lembaga), kategori Mitra Kerja Perwakilan RI (4 lembaga), kategori Pemerintah Instasi Daerah (1 lembaga), kategori Mitra Kerja Kementerian Luar Negeri (2 lembaga), kategori Tokoh Peduli (2 orang), dan kategori Kepala Perwakilan RI (2 orang). 


Dalam acara tersebut juga dilakukan peluncuran buku "Sewindu HWPA - Menghadirkan Negara Hingga Ujung Dunia" yang merangkum berbagai kisah perlindungan yang dirajut berdasarkan wawancara dan riset yang dilakukan oleh tim penulis dari berbagai kalangan dan pemangku kepentingan. Buku ini juga merangkum pandangan dan refleksi dewan juri yang setiap tahun melakukan penilaian terhadap calon penerima anugerah HWPA.