Thursday, April 23, 2020

Bingkisan Kebutuhan Pokok Untuk Masyarakat Terdampak Covid19 di Palu

Pandemi wabah virus corona covid-19 sedang melanda seluruh dunia, tidak terkecuali di Inonesia. Pada bulan Maret 2020, Pemerintah untuk pertama kalinya mengumumkan adanya penderita positif corona di Indonesia, dan sejak saat itu semakin hari jumlah penderita semakin bertambah dan wilayah yang terkena semakin meluas. Pemerintah lalu mengambil langkah cepat, yaitu menghentikan kegiatan perkantoran dan menyarankan untuk bekerja dari rumah (work from home), serta juga menutup sekolah-sekolah dan diganti dengan proses belajar online. Penghentian kegiatan operasional ini tentu saja berdampak pada perekonomian warga, terutama rakyat kecil yang menggantungkan pendapatannya dari kegiatan harian. Para pedagang kaki lima, warung-warung, pegawai hotel dan restoran, transportasi online, dan masih banyak lapisan masyarakat yang tiba-tiba kehilangan mata pencaharian. Kejadian ini juga terjadi di Palu dan sekitarnya, tempat Suster Eugenia, PBHK dan tim JPIC FNSD melakukan pelayanan untuk para korban tsunami. Oleh sebab itu, beberapa hari terakhir Suster beserta tim melakukan kegiatan pembagian bahan-bahan pokok bagi masyarakat yang perekonomiannya terganggu karena wabah ini. 

Pada hari Rabu, 15 April 2020, tim kerja Jpic Fdnsc turun lapangan mengadakan bakti sosial membagikan tanda kasih kepada masyarakat yang saat ini mengalami gangguan perekonomian akibat Covid 19. Hari ini tanda kasih ditujukan kepada masyarakat Sidera. Bingkisan kasih tersebut berupa beras 10 kg, minyak goreng 2 liter dan gula 1 kg. Untuk beberapa keluarga yang sudah lansia dan sakit, bingkisan itu langsung diantarkan ke rumah mereka, sedang untuk yang lain dapat mengambil sendiri di rumah Kepala Dusun 2 karena kegiatan ini dilaksanakan di sana. Pembagian bantuan ini melibatkan pemerintahan setempat agar proses dapat berjalan dengan lancar dan tertib mengingat anjuran dari pemerintah untuk tidak mengadakan keramaian. Selain itu, warga yang datang juga diwajibkan untuk mengunakan masker. Puji Tuhan, proses pembagian berjalan dengan lancar dan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang sudah menfasilitasi kegiatan ini. 







Pada hari Jumat. 17 April 2020, kegiatan pembagian tanda kasih sebagai bentuk kepedulian Jpic Fdnsc terhadap masyarakat yang mengalami gangguan perekonomian akibat Covid 19 dilanjutkan dengan mengudang anak-anak dari SMKN 7 Talise untuk hadir ke posko mengambil tanda kasih tersebut berupa 10 kg beras, 2 liter minyak goreng , 1 kg gula putih dan Sprite 1,5 liter.  Tanda kasih tersebut dapat diambil di posko karena rumah tempat tinggal mereka terpencar. Ada yang datang dari pantai barat, dari Napu, dari Palolo, dari Donggala, dan sekitar kota Palu.






Selanjutnya pada hari Sabtu, 18 April 2020, penyaluran tanda kasih sebagai bentuk kepedulian Jpic Fdnsc terhadap masyarakat yang mengalami gangguan perekonomian karena covid 19 dilanjutkan dengan mengudang penerima beasiswa wilayah kota Palu ke posko. Masing-masing keluarga menerima beras 5 kg, minyak 2 liter, gula 1 kg, sprite 1,5 liter dan biskuit roma 450 gr. Beberapa keluarga yang sangat membutuhkan diberikan beras 10 kg. Masyarakat datang ke posko beasiswa merah putih dengan tetap mengindahkan peraturan pemerintah kota Palu; menghindari kerumunan dengan mengatur jadwal kehadiran, menyiapkan tempat cuci tangan, tetap jaga jarak, dengan memberi penghalang antara petugas dan tamu yang datang dan mengenakan masker. Bila ada yang datang tanpa memakai masker, maka akan dibagikan masker secara cuma-cuma untuk langsung dipakai.  






Pada hari Senin, 20 April  2020 kembali diserahkan tanda kasih sebagai wujud kepedulian Jpic Fdnsc terhadap masyarakat yang mengalami gangguan perekonomian akibat Covid 19. Hari ini penyerahan dilaksanakan di halaman kantor Desa Jono Oge, didampingi oleh aparat Desa setempat. Bingkisan kasih untuk masyarakat Jono Oge berupa 10 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 1 kg gula putih. Terima kasih kepada pemerintah dan aparat desa yang sudah menfasilitasi kegiatan ini dan Semoga tanda kasih yang sederhana sebagai wujud kepedulian kami, bermanfaat bagi masyarakat.







Selasa, 21 April 2020 kembali dilanjutkan karya kasih dan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat yang terdampak Covid 19. Kali ini penyerahan bingkisan dilakukan dengan cara berjalan dari rumah yang satu ke rumah yang lain untuk menyerahkan paket yang berisi 5 kg beras, 2 liter minyak dan 1 kg gula putih. Sebelumnya nama-nama beserta alamat yang akan dikunjungi sudah didata sehingga memudahkan distribusi. Para penerima tanda kasih diutamakan para janda dan lansia serta keluarga yang kesulitan finansial. Satu mengalaman yang menyentuh dan menarik, karena sesuatu hal bingkisan harus diserahkan melalui jendela rumah tetangga. Bersyukur mereka saling peduli sehingga mengusahakan juga untuk orang lain yang membutuhkan.






Hari Rabu, 22 April 2020 tim kerja Jpic Fdnsc menyalurkan tanda kasih dan wujud kepedulian terhadap para perantau yang juga mengalami dampak akibat Covid 19, diantaranya teman-teman muda yang menuntut ilmu di kota Palu. Mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman dan harus bertahan tinggal di kos. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa Universitas Tadulako. Mohon maaf persediaan masker kami sudah habis sehingga teman-teman yang tinggal di kos Perumahan dosen Blok D8/4 Tondo tidak mendapatkannya. Kami akan tetap mengusahakan masker untuk mereka.